Selamat Datang di Website Pusat Pelatihan Pertanian

Pertanian Tidak Boleh Berhenti, P4S Lembang Agri Binaan Puslatan Tetap Tanam dan Panen


Di Publish Pada : 05/05/2020 | Kategori : Berita | views : 866

Meskipun di tengah pandemi Covid-19 pertanian tetap harus berjalan, dan terus berupaya mengoptimalkan SDM pertanian untuk menggenjot produksi dan produktivitas pertanian respons Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo terhadap arahan kebijakan Presiden Joko Widodo. 

Menjawab arahan Presiden RI dan Menteri SYL, ketua P4S Lembang Agri Dodih dengan antusias, “pertanian tidak boleh berhenti, walaupun pemasaran kami sedikit terganggu dengan adanya pandemic Covid -19 ini, tetapi kami tetap menjalani tanam dan panen karena budidaya sampai saat ini tidak mengalami gangguan”. 

P4S Lembang Agri termasuk salah satu P4S terbaik yang telah menerima penghargaan dari BPPSDM, Menteri Pertanian pada tanggal 17 Agustus 2019 menuturkan : ”walaupun ditengah gangguan pemasaran komoditas sayuran tetap dipasarkan ke pasar modern dengan pengiriman seminggu sekali dan volume kirim mencapai 1-2 ton/wilayah seperti Lotte Mart yang ada di berbagai wilayah di Jakarta, Tasikmalaya, Padalarang, Bandung”. 

Menurutnya, pemasaran tersebut untuk total semua komoditas sayuran yang dimiliki yaitu 70 jenis sayuran seperti paprika aneka warna, aneka jenis cabai, brokoli, kol, terung, buncis, tomat, head lettuce, sawi, kentang, ubi, dan kabocha. Jenis sayuran tersebut selain dibudidayakan sendiri oleh P4S Lembang Agri, juga diperoleh dari anggota kelompok tani dan petani lainnya yang bekerjasama dengan P4S Lembang Agri. 

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi, senantiasa memberikan motivasi dan semangat terhadap duta-duta milenial pertanian bahwa “Duta-duta ini diharapkan mampu menarik minat generasi milenial lainnya untuk ikut berwirausaha pertanian. Selain itu, diharapkan ikut membantu pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pertanian, dengan mempercepat advokasi kepada masyarakat terutama berkaitan dengan program-program Kementerian Pertanian sehingga program tersebut dapat dilaksanakan dengan cepat di lapangan yang otomatis juga mempercepat dampak positif pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tutur Dedi. 

Ditegaskan kembali oleh Bustanul Arifin Caya, Kepala Pusat Pelatihan Pertanian yang selalu tidak berhenti memberikan semangat kepada duta milenial dan P4S khususnya bahwa peran duta milenial dan P4S di masyarakat sangat penting untuk mentransfer ilmu kepada petani sesuai perkembangan dunia pertanian saat ini. Kami berupaya mengembangkan dan mengelola P4S agar berkembang terus dengan baik dan terus melibatkan generasi muda untuk menciptakan regenerasi pertanian yang dapat memajukan pertanian di Indonesia”. ujar bustanul dengan semangat. SY/OCE/PUSLAT

Kontak Kami


Pengunjung Hari Ini 64
Total Pengunjung 52,534