Selamat Datang di Website Pusat Pelatihan Pertanian

‘Bertani on Cloud’, Program Jitu di Era Pandemi


Di Publish Pada : 01/05/2020 | Kategori : Berita | views : 1541

Melalui program "Bertani on Cloud" Pusat Pelatihan Pertanian (Puslatan) menyelenggarakan pelatihan "Membuat Nugget Ayam" yang diajar oleh Widyaiswara Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu.

Pelatihan yang diikuti hampir 500 peserta ini diapresiasi langsung oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian; Dedi Nursyamsi. "Saya sangat apresiasi "bertani on cloud" saya berharap pelatihan-pelatihan terus dilaksanakan dengan tema-tema yang dibutuhkan masyarakat”, ungkap pria yang akrab disapa Dedi ini.

Selain itu, “saya apresiasi untuk Kepala Pusat Pelatihan Pertanian, Kepala-kepala Balai, Widyaiswara, dan insan pertanian”, ungkapnya. Dia berharap pelatihan ini dapat dipraktikkan oleh para pelaku usaha sektor peternakan sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi peternak dan UMKM. Sebab, “Setiap sektor hilir (olahan) pasti memberikan nilai tambah”, ungkapnya lagi.
Pada masa pendemi seperti ini, hasil pelatihan ini sangat strategis, sebab, hampir sebagian besar kota-kota di Indonesia sudah menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Fakta ini mendorong seluruh insan pertanian untuk berpikir dan bertindak kreatif dalam memenuhi kebutuhan pangan.

Melihat fakta ini sangat wajar jika Menteri Pertanian; Syahrul Yasin Limpo, sering mengingatkan, “pertanian harus terus bergerak, maju, mandiri, modern, dan mampu menyediakan pangan bagi 267 juta penduduk Indonesia yang maju, mandiri, dan modern pula”.

Tak terkecuali kegiatan pelatihan ini, kondisi ini menunjukkan bahwa seluruh insan pertanian terus bergerak, termasuk kegiatan melatih petani, penyuluh, praktisi pertanian, UMKM, dan individu pelaku usaha bidang Pertanian.

Sehingga secara langsung Kepala Badan PPSDMP berharap kepada Widyaiswara, dosen, dan penyuluh, “kalian tidak boleh berhenti untuk memberikan pencerahan kepada insan pertanian untuk menyediakan pangan bagi bangsa”.

Selaku Kepala Pusat Pelatihan Pertanian, Bustanul Arifin Caya yang programnya dianggap jitu ini mengungkapkan, “terima kasih yang sebesar-besarnya atas arahan dan apreasiasi Bapak Kepala Badan”. “Jangan lupa akses terus elearningpuslatan.com”, tambahnya.
“Selamat melaksanakan pelatihan, mohon dimanfaatkan, sebab dengan pelatihan berbasis IT ini dapat diikuti peserta dari seluruh nusantara”, unggahnya lagi.

Terlihat banyak juga peserta yang turut mengungkapkan apresiasinya terhadap program ini. Syukur “E-learning Puslatan Luar Biasa”, ungkap Syukur salah satu peserta pelatihan ini.

Dengan nada yang mirip, Yayi Sumiyati dari Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi, “terima kasih atas penjelasannya, sangat bermanfaat”. Bahkan oleh Harmoko dari Grobogan yang aktif mengikuti program ini dari awal dianggap, “Keren...materinya mudah dipahami, menarik penyajiannya.(DYN)

Kontak Kami


Pengunjung Hari Ini 64
Total Pengunjung 52,534